Tidak hanya Zoom dan Gogle Meet. Ini Dia Jenis-jenis Platform Meeting terbaik dan Gratis

Perkembangan teknologi terutama dalam bidang komunikasi telah membantu banyak dalam menghadapi pandemi sekarang ini. Perubahan besar dalam berinteraksi sosial memberi dampak besar pada perubahan cara melakukan kegiatan sehari-harinya. Sarana untuk tetap terhubung dan berkomunikasi antara muid dan guru, karyawan dan klien, ataupun sekedar berbincang dengan keluarga dan masyarakat.

Apa itu online-meeting?

Online-meeting atau sering disebut rapat online disebut konferensi virtual adalah metode komunikasi yang memunginkan banyak pihak untuk bertemu dan berinteraksi di ruang yang sama tanpa harus hadir secara fisik. Melalui saluran perangkat elektronik seperti layanan internet, proyektor, sumber audio yang andal, laptop, tablet, webcam, dll., setiap orang dapat berkomunikasi bolak-balik satu sama lain menggunakan berbagai platform pertemuan virtual.

Aplikasi Video Conference Gratis Paling Ringan dan Aman
Aplikasi Video Conference Gratis Paling Ringan dan Aman

Daftar Aplikasi Video Conference Gratis Paling Ringan dan Aman 


Berikut ini adalah beberapa aplikasi video meeting terbaik yang dapat kamu gunakan sebagai aplikasi virtual meeting untuk menunjang kegiatan pembelajaran ataupun melakukan rapat dengan klien secara gratis. Apa saja itu? Mari kita bahas.

1) Skype

Skype adalah sebuah platform aplikasi yang umumnya digunakan diluar negeri. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan satu atau beberapa orang dalam ruang yang sama. Dengan popularitas Skype, nyatanya platform ini dapat diakses secara gratis oleh semua orang tanpa biaya layanan. Namun, kekurangan dari Skype adalah rentan terhadap masalah tampilan audio dan visualnya, sering terjadi buffering, dan purus koneksi.

2) Zoom Meeting

Siapa sih yang tidak tahu platform yang satu ini. Zoom meeting sangat populer keberadaannya di Indonesia. Dengan platform ini, pengguna dapat melakukan pertemuan secara virtual untuk melaksanakan kegiatan agenda rapat. Dengan akses peserta yang diberikan oleh Zoom meeting, pengguna dapat melangsungkan seminar pelatihan, webinar, dan lain sebagainya. Selama pertemuan Zoom pengguna dapat secara bersamaan berbagi pesan, dokumen, ataupun berbagi layar maupun presentasi melalui alat obrolan yang disediakan. Untuk layanan gratis, pengguna dapat menggunakan Zoom Meeting selama 40 menit dan dapat membuat room baru apabila ingin melanjutkan pertemuan virtual secara gratis. Untuk tambahan layanan, seperti unlimited waktu, jumlah peserta yang lebih banyak, pengguna dapat mengupgrade akun menjadi akun pro dengan biaya layanan dibayarkan perbulannya.

3) Google Meet

Aplikasi ini adalah produk pengembangan dari versi Gogle Hangout yang dibuat menjadi lebih sederhana menjadi layanan kantor G suite. Meskipun merupakan anak perusahaan dari Google, nyatanya aplikasi pertemuan virtual ini memberikan keamanan yang tinggi. Pengguna akan diberikan kode room dan link menuju ruang virtual. Pengguna dapat mengakses ruang tersebut dengan izin dari si pemilik ruangan virtual, sehingga memungkinkan kemanan dan kredibilitas pertemuan tetap terjaga. Gogle Meet menjadi aplikasi video conference pilihan karena dapat digunakan di semua jenis hp yang mendukung baik Android maupun Apple. Gogle Meet sebenarnya bisa dilakukan dengan layanan tambahan yang lebih kompleks namun dengan tambahan biaya penggunaan. Adapun layanan ini menawarkan 3 paket yaitu G suite Basic ($6 per bulan), G suite Business ($12 per bulan), dan G suite Enterprise ($25 per bulan).

4) Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah sub-fitur dari platform Microsoft Office 365. Sub-fitur ini dapat mengadakan rapat dengan hingga 300 peserta bersama dengan akses untuk tamu, video orang-ke-orang dan tim, panggilan telepon, file yang dapat dibagikan dengan 2 gigabyte per orang, dan 10 gigabyte per grup, berbagi desktop untuk kolaborasi yang mudah, dan organisasi file melalui pewarnaan. Layanan ini gratis dengan mendaftar menggunakan alamat email.

5) BigBlueButton

Platform ini diperuntukkan bagi instruktur yang mengajar anak-anak secara online, tetapi juga dapat digunakan oleh bisnis sebagai seminar pembelajaran dan webinar. BigBlueButton menawarkan kemampuan untuk berbagi fasilitas, desktop, video, dan audio sekaligus bekerja dengan pengguna lain melalui pesan, catatan, dan polling. Meskipun sulit diatur, platform ini gratis untuk digunakan, nyatanya fasilitas yang diberikan memiliki layanan yang cukup mahal.

6) Slack

Slack membantu menghubungkan anggota tim satu sama lain melalui alat olahpesan, pemberitahuan yang dapat disesuaikan, dan disederhanakan dengan banyak fitur kantor. Dengan fitur perpesanan andal yang diperuntukkan bagi karyawan, lalu lintas email antar pekerja berkurang. Menggunakan layanan ini biayanya $ 8 per orang atau $ 15 per bulan

7) Google Hangouts

Platform tanpa biaya yang menawarkan alat untuk melakukan panggilan telepon, menggunakan pesan instan yang terhubung dengan hingga 10 orang, dan konferensi video. Jika Anda menggunakan Google, yang hampir semua orang, platform ini sudah diinstal ke alat Google seperti Gmail. Fitur keren lainnya dari Google Hangouts adalah panggilan video dapat dialirkan secara Live di YouTube.

8) GoToMeeting

Platform ini menawarkan alat yang mencakup pengiriman pesan antar anggota tim, transkripsi dialog untuk video, dan pengaturan tim yang dapat disesuaikan. Dengan menggunakan GoToMeeting , para pebisnis dapat melakukan rapat hingga dengan 100 orang, termasuk berpartisipasi dan mengadakan rapat menggunakan smartphone. Platform ini ditawarkan kepada pengguna melalui uji coba gratis 14 hari dengan paket mulai dari $ 12 per bulan.

9) LiveWebinar

Meskipun "webinar" adalah bagian dari nama LiveWebinar , platform serbaguna ini juga bagus untuk mengadakan rapat, konferensi virtual, kelas online, dan banyak lagi. Tanpa perlu mengunduh atau plugin, Anda dapat segera memulai acara Anda! Nikmati lebih dari 50 fitur, dari papan tulis hingga ruang istirahat, polling dan tes hingga berbagi layar, bahkan sesuaikan ruang rapat dengan warna dan logo Anda. Mulailah dengan uji coba dua minggu gratis, dari sana Anda dapat memilih salah satu dari tiga paket, atau menggunakan opsi perusahaan yang sepenuhnya dapat disesuaikan.

10) ezTalks Cloud Meeting

Penggunaan layanan ini gratis hingga 100 pengguna. ezTalks Cloud Meeting berspesialisasi dalam olahpesan, video, dan alat audio. Dengan fitur desktop dan berbagi dokumen, platform ini juga memberi pengguna fitur papan tulis yang dapat berbagi sorotan, tulisan, gambar, dan tangkapan layar dengan anggota grup lainnya. ezTalks Cloud Meeting kompatibel dengan semua perangkat seluler dan desktop

Itulah beberapa aplikasi video call meeting terbaik yang dapat kamu akses secara gratis. Keamanan aplikasi bergantung pada jenis layanan yang kamu gunakan. Sebagai perusahaan yang besar, tentu memberikan layanan yang baik kepada penggunanya terutama dalam layanan. Oleh karena itu, gunakanlah layanan berbayar yang disediakan.

Baca juga: Zoom vs Skype. Mana yang lebih baik digunakan?

0 komentar

Posting Komentar