Zoom vs Skype. Mana yang lebih baik digunakan?

Bekerja secara jarak jauh merupakan perilaku yang bersifat lebih umum dari sebelumnya. Selain itu, seorang pekerja kantoran selalu membutuhkan teknik komunikasi yang dapat mengalihkan pertemuan, salah satunya adalah melalui panggilan video untuk menghubungi rekan kerja dan klien dari jauh. Banyak orang mungkin memperdebatkan apakah harus menggunakan Zoom vs Skype , karena kedua platform ini merupakan panggilan video paling populer yang banyak digunakan terutama dalam bidang profesional. Apabila kamu bertanya skype vs zoom bagus mana ? Tentu keduanya memiliki karakternya masing-masing, dimana kedua platform ini memiliki keunggulan yang berbeda diantara satu dan yang lainnya.

Mari kita bandingkan kelebihan dan kekurang skype dan zoom untuk memperoleh jenis platform yang sesuai dengan kebutuhan bekerja atau belajar dari jarak jauh.

skype vs zoom

1. Skype vs Zoom : Kualitas Video


Salah satu faktor terpenting ketika memilih platform yang sesuai adalah adalah kualitas video. Sebagai bahan perbandingan kualitas video zoom video vs skype, kedua platform ini didukung oleh kualitas yang mendukung video sebesar 1080p. Meskipun mendukung dengan spesifikasi yang tinggi, nyatanya itu semua tergantung pada hardware komputer atau laptop dan koneksi internet yang memadai. Skype merekomendasikan koneksi 1,5Mbps untuk penggunaan yang terbaik, sedangkan Zoom sedikit lebih menekankan penggunaan pada 3Mbps untuk mencapai performa terbaiknya.

Satu-satunya perbedaan utama adalah Zoom tidak mengaktifkan resolusi 1080p secara default atau otomatis. Sebagai gantinya, kamu perlu meningkatkan resolusi di pengaturan video secara manual. Zoom sendiri akan secara otomatis mengaktifkan resolusi 720p yang masih terbilang cukup bagus.

2. Skype vs Zoom : Akses Awal Pengguna


Skype memperkenalkan fitur yang disebut “Meet Now” yang tidak mengharuskan pengguna untuk mendaftar terlebih dahulu pada layanan atau mengunduh aplikasi untuk melakukan panggilan video. Fitur baru ini memiliki kesamaan dengan platform Zoom, yang juga memungkinkan pengguna bergabung dalam rapat melalui browser mereka tanpa harus masuk atau mengunduh aplikasinya.

Baik Zoom vs Skype menghasilkan tautan unik yang dapat dibagikan dengan orang lain untuk masuk ke panggilan video. Jika kamu adalah penyelenggara rapat, kamu bisa mengundang siapa pun, terlepas dari apakah mereka pengguna Zoom atau Skype. Setelah melakukan panggilan, pengguna dapat menikmati fitur lengkap yang ditawarkan oleh kedua layanan tersebut.

3. Skype vs Zoom : Kompatibilitas


Beruntung bagi Anda, Zoom dan Skype memiliki kompatibilitas yang luar biasa. Keduanya dapat digunakan di Windows, macOS, Linux, Android, iOS, dan bahkan browser web.

4. Skype vs Zoom : Harga Berlangganan


Akses gratis yang diberikan Zoom memang bagus. Namun, akses ini memiliki kekurangan yaitu jumlah peserta yang dibatasi sebanyak 100 peserta dan mempunyai batas limit waktu yang hanya 40 menit. Untuk mendapatkan fitur jumlah pengguna yang lebih banyak dan pertemuan tanpa batasan waktu, maka kamu perlu membayar biaya langganan yang ditawarkan oleh pihak Zoom.

biaya langganan zoom

Versi bisnis Skype dilengkapi dengan Microsoft Teams. Ini berarti pengguna dapat menemukan nilai lebih di dalamnya mengingat Microsoft Teams hadir dengan banyak fitur lainnya, termasuk kolaborasi Microsoft Office dan akses ke aplikasi produktivitas. Harga mulai dari hanya $ 5/pengguna. Dengan platform Zoom, kamu hanya membayar per host. Hematnya biaya penggunaan tergantung pada penggunaan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan.

biaya langganan microsoft teams

5. Skype vs Zoom : Banyak Peserta


Faktor banyaknya jumlah peserta merupakan salah satu faktor yang dapat dijadikan pembanding keunggulan dari zoom meeting vs skype. Banyaknya jumlah peserta tentunya didasarkan pada kapasitas yang dibutuhkan dalam pertemuan virtual kamu. Penggunaan skype secara gratis memberikan akses kepada penggunanya hingga 100 partisipant dalam satu ruangnya. Dilain sisi akses gratis Zoom Meetings memungkinkan kamu memulai panggilan video hingga 100 peserta. Dengan membayar langganan, kamu bisa meningkatkan jumlah peserta yang mencapai 1.000 peserta dalam satu ruangan.

6. Skype vs Zoom : Fitur yang Diberikan


Fitur adalah salah satu hal yang perlu di pertimbangkan dalam memilih jenis platform yang terbaik antara zoom app vs skype. Zoom dan Skype menawarkan serangkaian fitur yang sangat mirip. Keduanya mencakup berbagi layar, perekaman rapat, penyimpanan cloud, papan tulis, berbagi file, bergabung melalui panggilan, dan banyak lagi. Zoom memang memiliki fitur yang lebih baik yang tidak dimiliki oleh skype diantaranya adalah sesi breakout room untuk membagi peserta kedalam grup yang berbeda, angkat tangan virtual, dan lain sebagainya.

7. Skype vs Zoom : Keamanan


Baik Zoom dan Skype menawarkan keamanan terdepan di industri dan enkripsi end-to-end. Namun, Zoom pernah menjadi sorotan karena masalah privasi. Meskipun ada pembaruan privasi, meningkatkan enkripsi, menambahkan kemampuan untuk menonaktifkan ID pertemuan pribadi , dan melawan Zoombombing , perusahaan tidak dapat berhenti karena lebih dari 500.000 akun yang dicuri sedang dijual secara online.

Berlawanan dengan zoom, skype memiliki tingkat keamanan yang terenkripsi end-to-end yang mungkin lebih baik dari zoom. Meskipun demikian, Zoom tetap berusaha melawan Zoombombing dengan pembaruan. Enkripsi end-to-end juga telah diterapkan, jadi diharapkan zoom memiliki keamanan yang lebih ketat.

Skype vs Zoom bagus mana ?


Zoom dan Skype merupakan dua platform terbaik yang paling umum digunakan. Kedua platform ini adalah pilihan yang bagus, tetapi Zoom dapat menjadi solusi yang lebih lengkap untuk pengguna bisnis terutama dalam pekerjaan. Jika kamu tidak terlalu memerlukan jenis fitur tertentu yang terdapat dalam kedua jenis platform, maka biaya dapat menjadi plihan yang akan digunakan. Langganan berbayar Zoom Basic adalah $ 14,99, tetapi versi gratisnya cukup mumpuni dan dilengkapi dengan sebagian besar fitur premium. Namun, versi gratis ini dibatasi dengan jumlah pengguna dan waktu akses layanan dalam satu ruangan.

Jika kamu ingin mendapatkan tambahan layanan dan kapabilitas dari Microsoft Teams, aplikasi Office, kamu dapat menggunakan layanan gabungan yang diberikan oleh Skype dan Microsoft Teams. Namun, biaya ini cenderung lebih mahal karena setiap akunnya harus membayar $5 per penggunanya. Dari penjabaran diatas, tentunya kamu memeperoleh gambaran jenis platform yang sesuai dengan tingkat kebutuhan yang disesuaikan dengan jumlah peserta, fitur yang dibutuhkan, akses layanan, dan biaya yang terjangkau.



0 komentar

Posting Komentar