WhatsApp vs Signal vs Telegram, Mana yang Paling Layak Digunakan?

Whatsapp menuai beberapa protes beberapa bulan belakangan terkait dengan pembaharuan Kebijakan Privasi. Sejak saat itu, Whatsapp yang telah menjadi aplikasi perpesanan dengan miliaran pengguna ini menuai banyak ktirik dan mengalami pengurangan kuantitas pengguna. Kebijakan Whatsapp yang telah diubah pada 4 Januari 2021 ini memberikan beberapa perubahan yang sempat meresahkan masyarakat secara global hingga membuat pengguna berpindah ke beberapa aplikasi pesaingnya seperti Signal dan Telegram.

Baca juga: Resmi Berubah! Apa Saja Perubahan Kebijakan Privasi Whatsapp Terbaru?

Cukup banyak aplikasi perpesanan yang tersedia pada umumnya seperti Facebook Massanger, Direct Massage Instagram, Line, dan sebagainya. Namun, Signal dan Telegram mengalami peningkatan jumlah penggguna akibat  dari perubahan kebijakan privasi whatsapp. Meskipun menjadi aplikasi perpesanan yang mengalami kenaikan pengguna, apa saja perbedaan dari Whatsapp, Signal, dan Telegram yang akan dimuat dalam artikel berikut ini.

WHATSAPP VS SIGNAL VS TELEGRAM


Apa saja perbedaan yang diberikan oleh masing-masing platform perpesanan Whatsapp, Signal dan Telegram? Berikut ini akan diuraikan perbedaan dari masing-masing platfrom yang dapat kamu gunakan sebagai acuan dalam menentukan platform perpesanan andalan yang akan digunakan.

1. Fitur Chat

whatsapp vs telegram vs signal
Perbedaan Whatsapp, Telegram, dan Signal

a) Whatsapp

  • Fitur perpesanan Whatsapp menyediakan beberapa fitur yang cukup lengkap seperti Dokumen, Kamera, Galeri, Audio, Forum, Lokasi, dan Kontak.
  • Memiliki fitur panggilan suara dan panggilan video yang dapat dilakukan dengan jumlah peserta dari 2 hingga 8 pengguna secara bersamaan.
  • Fitur membatalkan pengiriman pesan dalam pesan tunggal dan pembatalan pesan untuk semua orang didalam grup.

b) Telegram

  • Dilengkapi dengan fitur perpesanan seperti Foto, File, Lokasi, Kontak, dan Suara.
  • Dilengkapi dengan fitur panggilan suara dan video.
  • Dilengkapi dengan fitur Obrolan Rahasia "Secret Chat" yang memungkinkan isi chat akan menghilang ketika percakapan diakhiri.

c) Signal

  • Dilengkapi dengan fitur pengiriman beberapa jenis pesan seperti Gambar, GIF, File, dan Kontak.
  • Dilengkapi dengan fitur "dissapearing messages" yang memungkinkan pengguna dapat menghapus pesan dari 5 detik hingga 7 hari.

2. Fitur Perpesanan Grup

grup WA, Telegram, dan Signal
Fitur Perpesanan Grup WA, Telegram dan Signal

a) WhatsApp

  • Menampung peserta hingga 256 pengguna dalam satu grup yang sama.
  • Dilengkapi fitur panggilan suara dan panggilan video yang dibatasi hingga 8 peserta.
  • Fitur pengelolaan perpesanan grup melalui pembatasan pesan hanya admin yang memungkinkan grup tetap berada dalam jangkauan Admin grup.
  • Tidak ada batasan jumlah Admin grup.

b) Telegram

  • Menampung peserta hingga 200.000 pengguna dalam satu grup yang sama dan merupakan jumlah paling banyak dari semua platform yang serupa.
  • Dilengkapi dengan fitur panggilan suara
  • Fitur panggilan video masih hanya berlaku dalam jenis beta.

c) Signal

  • Menampung peserta hingga 1000 pengguna dalam satu grup yang sama.
  • Dilengkapi dengan fitur panggilan suara dan panggilan video.

3. Fitur Status

Fitur status atau yang dikenal dengan nama story adalah jenis fitur yang dapat menampilkan pesan berupa tulisan dan gambar yang berlaku dalam jangka waktu 1x24 jam, dan akan menghilang setelahnya. Fitur ini biasanya digunakan oleh beberapa sosial media seperti Facebook dan Instagram. Untuk platform WhatsApp sudah memiliki fitur ini, namun tidak tersedia untuk pengguna Signal dan Telegram.


4. Limit Upload File

Beberapa platform umumnya memberikan akses upload file yang bertujuan untuk berbagi file dalam bentuk tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya. Namun, terdapat kapasitas maksimum yang dapat diupload. Berikut ini adalah perbedaan limit upload file dari WhatsApp, Telegram, dan Signal.

  • WhatsApp memberikan akses mengirimkan dan mengupload file hingga 100 Mb, namun untuk video dibatasi hingga 16 Mb.
  • Telegram memberikan akses mengirimkan dan mengupload segala jenis file hingga mencapai 2 Gb yang tergolong sangat besar.
  • Signal memberikan akses ke pengguna untuk mengirimkan dan mengupload segala jenis file dengan kapasitas maksimum 100 Mb dalam satu upload.


5. Backups

Backups atau cadangkan adalah fitur yang diberikan oleh beberapa platform perpesanan untuk menyimpan data hasil percakapan kedalam penyimpanan lokal ataupun berbasis cloud. Sehingga apabila aplikasi terhapus, maka pengguna dapat dengan mudah mengembalikan isi percakapan. Berikut ini adalah perbedaan fitur Backup dari masing-masing platform WhatsApp, Telegram dan Signal.

  • WhatsApp dilengkapi fitur pencadangan secara online dan offline. Secara online WA dapat dicadangkan dalam akun Gogle Drive yang dapat diatur waktu pencadangannya. Secara offline, WhatsApp menyimpan data ke lokal data secara otomatis.
  • Telegram tidak dilengkapi dengan pencadangan secara manual, namun pengguna tidak perlu khawatir karena data akan tetap tersimpan secara otomatis dalam komputasi awan milik Telegram yang tidak dibatasi kapasitasnya.
  • Signal belum dilengkapi dengan fitur pencadangan sehingga rawan akan kehilangan isi perpesanan.


6. Versi WEB

  • WhatsApp memiliki versi WEB yang dapat digunakan untuk membuka pesan WhatsApp di Laptop ataupun Komputer. Untuk akses login, pengguna harus menautkan aplikasi smartphone dan komputer dengan kode QR.
  • Telegram memiliki versi WEB yang hanya dapat login dengan menggunakan nomer telepon.
  • Signal tidak dilengkapi dengan versi WEB.

Baca juga:  Perbedaan Tingkat Keamanan Aplikasi WA vs Telegram vs Signal

 

 Aplikasi Mana yang Cocok Digunakan


Dari ketiga platform, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang menjadi ciri khas masing-masing platform. Aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak yang didukung oleh fitur yang bisa dibilang lebih lengkap dari platform lainnya. Sementara itu, Telegram memiliki ciri khusus yaitu bersifat Open Source yang dapat diprogram untuk memperoleh pengembangan seperti chat bot, bahkan aplikasi perhitungan layaknya kalkulator. Selain itu, telegram memiliki fitur upload file yang sangat besar, yang dapat menjadi nilai tambah. Signal mungkin platform yang naik setelah adanya perubahan Kebijakan Privasi WhatsApp. Dari fitur yang disediakan, Signal tidak kalah dengan dua platform pesaingnya. Namun, Signal dipercaya memiliki tingkat keamanan yang sangat baik.

Untuk menilai aplikasi mana yang terbaik diantara WhatsApp vs Telegram vs Signal tentunya harus disesuaikan dengan tujuan penggunaan dan fitur-fitur yang diperlukan.

0 komentar

Posting Komentar